Sabtu, 15 Juli 2023

CARA MENGATASI TANAMAN CABAI YANG TERKENA LAYU FUSARIUM.

 CARA MENGATASI TANAMAN CABAI YANG TERKENA  LAYU FUSARIUM.

    Dalam budidaya tanaman cabe baik itu dalam skala kecil maupun besar tentu tidak lepas dari kendala, diantaranya adalah serangan penyakit layu fusarium. Penyakit ini disebabkan oleh cendawan fusarium oxysporum.

     Layu fusarium bisa menyerang tanaman cabe kapan saja, terutama pada musim hujan, karena cendawan fusarium oxysporum mudah berkembang biak dan mudah menyebar dari satu tanaman ke tanaman lainnya. Tingkat kelembaban udara yang tinggi sangat berpengaruh terhadap perkembangbiakan cendawan penyebab layu fusarium ini. Genangan air hujan di lahan dan pH tanah yang rendah juga turut mempengaruhi perkembangbiakannya.


Penyebab batang tanaman cabai menjadi busuk bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk infeksi penyakit dan kondisi lingkungan yang tidak ideal pada saat melakukan budidaya tanaman. Oke sahabat tani berikut adalah beberapa penyebab umum batang pada tanaman cabai menjadi busuk
Gambar : Kampustani.com

        Penyebab batang tanaman cabai menjadi busuk bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk infeksi penyakit dan kondisi lingkungan yang tidak ideal pada saat melakukan budidaya tanaman. Oke sahabat tani berikut adalah beberapa penyebab umum batang pada tanaman cabai menjadi busuk:


1.bisa disebabkan oleh beberapa jenis jamur, seperti Phytophthora spp. atau Rhizoctonia spp., jamur ini dapat menginfeksi batang tanaman cabai dan menyebabkan pembusukan. Jamur ini biasanya menyebar melalui air, tanah, atau sisa-sisa tanaman yang terinfeksi.Ataupun bisa juga kelembaban tinggi dan kondisi lingkungan yang lembab yang dapat memperburuk infeksi jamur pada tanaman,

2. Disebabkan juga oleh Bakteri : seperti Erwinia carotovora atau Ralstonia solanacearum yang dapat menyebabkan busuk pada batang tanaman cabai. Bakteri ini dapat masuk melalui luka pada tanaman atau melalui sistem perakaran yang terinfeksi. Penyakit bakteri cenderung menyebar dengan cepat dalam populasi tanaman yang padat.


3. juga bisa disebabkan oleh jamur Fusarium oxysporum,jamur Fusarium oxysporum sendiri jamur yang dapat menyebabkan penyakit layu pada tanaman cabai. Infeksi inilah yang dapat menghambat aliran air dan nutrisi yang ada pada dalam tanaman, yang pada akhirnya menyebabkan busuk pada batang.
  
4. Kondisi lingkungan yang tidak ideal: Kelembaban berlebihan dalam tanah atau tanaman yang terlalu sering disiram dapat menyebabkan akumulasi air di sekitar batang tanaman cabai. Hal ini dapat menyebabkan pembusukan dan memicu pertumbuhan jamur atau bakteri penyebab busuk.

5. Serangan hama: Beberapa serangga seperti ulat, kutu daun, atau penggerek batang dapat melukai batang tanaman cabai dan memicu infeksi jamur atau bakteri. Luka yang diakibatkan oleh serangan hama menjadi pintu masuk bagi patogen penyebab busuk.
   nah itulah beberapa penjelasan yang membuat batang pada tanaman cabai menjadi busuk.


      Okeh sahabat tani untuk mencegah batang tanaman cabai menjadi busuk, penting untuk menjaga kebersihan lingkungan pertanaman, menghindari kelembaban berlebihan, dan memantau secara teratur tanaman untuk tanda-tanda infeksi atau serangan hama. Jika ada tanda-tanda penyakit atau busuk pada tanaman cabai, segera lakukan tindakan pengendalian yang tepat, seperti pemangkasan bagian yang terinfeksi atau penggunaan fungisida/bakterisida yang direkomendasikan.


     Okeh disini saya akan menggunakan  soda kue (baking soda) yang dicampurkan dengan bawang putih yah sahabat tani semuanya untuk mengatasi tanaman cabai yang terkena busuk batang ,dan manfaat soda kue pada tanaman cabai dapat memberikan beberapa manfaat, terutama dalam pengendalian penyakit jamur.

       Soda kue memiliki sifat alkalin yang dapat menciptakan lingkungan yang tidak cocok bagi pertumbuhan jamur. hal ini yang dapat membantu mengendalikan penyakit jamur seperti penyakit bercak daun,layu fusarium,busuk akar,ataupun bercak pada batang tanaman, yang sering menyerang tanaman cabai

     Dan bawang putih mengandung senyawa sulfur, seperti allicin, yang memiliki sifat antijamur dan insektisida alami. Kombinasi bawang putih dengan soda kue dapat membantu mengendalikan serangan hama seperti kutu daun, ulat, atau serangga  pada tanaman cabai. Senyawa sulfur dalam bawang putih dapat mengganggu sistem saraf serangga dan menghalangi perkembangan dan reproduksi mereka hama pada tanaman.

  cara pembuatan : gunakan 1 sendok teh dan 3 siung bawang putih,haluskan bawang putih lalu campurkan dengan air bersih kurang lebih 3 liter 


     Dan interval penggunaan campuran soda kue dan bawang putih pada tanaman cabai dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan tanaman dan tingkat serangan hama atau penyakitnya yah sahabta tani semuanya 

     yang pertama untuk tujuan pencegahan terhadap serangan hama dan penyakit, campuran soda kue dan bawang putih dapat diterapkan pada tanaman cabai dengan interval sekitar 7-14 hari. Interval ini dapat disesuaikan tergantung pada kondisi tumbuh tanaman dan tingkat risiko serangan.

     Dan Jika tanaman cabai mengalami serangan hama atau penyakit yang parah, interval penggunaan campuran dapat diperpendek menjadi 3-7 hari. Hal ini membantu meningkatkan efektivitas pengendalian dan membatasi perkembangan populasi hama atau penyakit.

     dan jika tanaman cabai mendekati masa panen atau sudah dalam fase pematangan buah, sebaiknya kita menghentikan penggunaan campuran soda kue dan bawang putih. Hal ini untuk memastikan tidak ada residu atau sisa campuran yang tersisa pada buah cabai yang akan dikonsumsi.


Namun, penting untuk kita ingat bahwa efektivitas campuran soda kue dan bawang putih dapat bervariasi tergantung pada jenis tanaman cabai dan tingkat serangan hama atau penyakit yang ada ya sahabat tani semuanya. Selain itu perlu diuji terlebih dahulu pada sebagian kecil tanaman sebelum diterapkan secara luas untuk memastikan tidak ada efek negatif yang signifikan.

Penting juga untuk tetap mematuhi dosis yang direkomendasikan dan tidak menggunakannya secara berlebihan,

     Nah itulah cara saya melakukan perawatan ataupun pencegahan pada tanaman cabai yang terserang jamur dan bakteri yang menyebabkan busuk batang,layu fusarium,ataupun antraknosa yah.





Tidak ada komentar:

Postingan Unggulan

Cara Semai Seledri yang Benar agar Cepat Tumbuh

Cara Semai Seledri yang Benar agar Cepat Tumbuh Gambar : Ryn Farm  | Urban Gardening Seledri termasuk jenis tanaman yang biasa tumbuh di dat...

Postingan Populer