Rabu, 15 November 2023

Cara Mengatasi Kerontokan Bunga dan Buah Tanaman Cabai

 Cara Mengatasi Kerontokan Bunga dan Buah Tanaman Cabai

gambar : dasar-pertanian.blogspot.com


Tanaman cabai yang mengalami kerontokan bunga dan buah adalah salah satu permasalahan yang sering terjadi ketika seseorang membudidayakannya. Kerontokan bunga dan buah pada tanaman cabai biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kelebihan unsur nitrogen, serangan hama trips, kekurangan air, over dosis pestisida, zat pengatur tumbuh berlebihan dan masih ada lagi. Saat tanaman cabai yang sudah kamu budidayakan susah payah menjadi rontok pada bungan dan buahnya, tentu kamu akan merasa kecewa dan tidak akan mendapatkan hasil yang baik.


1. Kelebihan unsur nitrogen 



Pada masa pembungaan atau pada masa pembuahan, tanaman cabai memasuki masa generatif, sehingga kebutuhan nitrogennya cenderung menurun. Jadi, misalkan saat keadaan tanaman cabai sudah muncul beberapa bunga, lalu kamu tambahkan atau aplikasikan pupuk yang mengandung banyak nitrogen, seperti pupuk urea, maka bisa dipastikan bunga-bunga yang ada pada tanaman cabaimu akan menjadi rontok. Jadi kondisi tanaman cabai sudah memasuki masa pembungaan atau pembuahan, sebaiknya kurangi penggunaan pupuk nitrogen atau hentikan sementara.


2. Serangan hama thrips Hama thrips adalah hama yang sangat setia menyerang tanaman cabai, terutama pada ujung daun muda dan bunga, sehingga mengakibatkan bunga cabai jadi rontok.



Untuk mengatasi masalah hama trips, terlebih dahulu kamu harus mensterilkan tanaman cabaimu dari hama trips, yaitu dengan melakukan penyemprotan insektisida kimia maupun organik. Jadi, untuk insektisida kimianya bisa menggunakan bahan aktif abamektin, profenofos atau nitenpyram dan lain-lain. Baca juga: Cara Mengatasi Penyakit Daun Kuning dan Keriting pada Tanaman Cabai Lalu untuk insektisida organiknya bisa menggunakan ramuan dari daun pepaya, daun sirsak, bawang putih, dan lain-lain, itu bisa kamu jadikan ramuan untuk membasmi hama thrips. 

BACA JUGA :cara menanam cabai saat musim hujan


3. Kekurangan air Kerontokan bunga dan buah tanaman cabai 



sering terjadi pada saat melakukan budidaya di musim kemarau, atau pada saat memasuki musim kemarau karena faktor kekurangan air atau kekeringan. Saat kekeringan atau kekurangan air, perkembangan tanaman cabai akan terhambat dan jika kekeringan terjadi saat memasuki masa pembungaan, maka bunga cabai mudah sekali menjadi rontok. Permasalahan ini bisa diatasi dengan melakukan penyiraman atau perbaikan irigasi. Namun, seperti pada saat musim sekarang ini, memasuki musim hujan, hal ini akan bukan menjadi kendala.


Jadi kendala kekeringan atau kekurangan air hanya berlaku pada saat musim kemarau, atau pada saat memasuki masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. 



4. Overdosis pestisida Saat mengaplikasikan pestisida ke tanaman cabai, khususnya pestisida kimia, itu harus berdasarkan pada petunjuk penggunaan yang sesuai dosis. Jika tidak sesuai dan berlebihan, itu menjadi overdosis. Jadi gejala overdosis ini ditandai dengan ujung daun tanaman terbakar, sehingga menyebabkan bunga cabai menjadi rontok. Bahkan bunga cabai bisa tidak muncul pada ujung daun atau daun muda tanaman cabai.



Oleh karena itu, gunakanlah pestisida khususnya pestisida kimia dengan dosis yang ada pada petunjuk, gunakanlah dengan dosis yang paling minimal. Jika belum efektif, maka naikkanlah dosisnya sedikit demi sedikit hingga sampai pada dosis yang tepat. Baca juga: Overdosis Pupuk pada Tanaman, Apa Tanda-tandanya? Jadi, kamu jangan menggunakan pestisida kimia melebihi dari dosis pada petunjuk penggunaan, karena itu akan menyebabkan tanaman cabai overdosis dan hama akan cepat resisten atau kebal. 


5. Penggunaan ZPT yang berlebihan Jadi ZPT atau zat pengatur tumbuh mempunyai fungsi untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Hal ini hampir sama fungsinya dengan unsur nitrogen. Penggunaan ZPT perlu diperhatikan juga agar penggunaannya tidak berlebihan karena dapat menjadikan bunga cabai menjadi rontok. 


6. Kelebihan air akibat hujan , perlu diingat bahwa tanaman cabai tidak suka pada kondisi yang terlalu banyak air, karena dapat menyebabkan layu tanaman hingga rontok bunga dan buah cabai.

Baca juga : solusi mengatsi hama pada tanaman cabai

Itulah Cara Mengatasi Kerontokan Bunga dan Buah Tanaman Cabai 

Tidak ada komentar:

Postingan Unggulan

Cara Semai Seledri yang Benar agar Cepat Tumbuh

Cara Semai Seledri yang Benar agar Cepat Tumbuh Gambar : Ryn Farm  | Urban Gardening Seledri termasuk jenis tanaman yang biasa tumbuh di dat...

Postingan Populer