Rabu, 07 Februari 2024

Potensi Daun Kelor Sebagai Alternatif Pupuk

 Cara Membuat Pupuk Organik Penyubur Tanaman Dari Daun Kelor


Gambar : Daun Kelor




Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi tanaman sayuran tersebut diantaranya dengan pemberian pupuk. Pemupukan di lakukan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan unsur hara bagi tanaman, sehingga dapat memberikan hasil yang tinggi. Salah satunya yaitu membuat pupuk organic cair dari daun kelor.


Baca Juga:  4 Hama Tanaman Cabai saat Musim Hujan dan Cara Mengendalikannya


Mengenal Daun kelor

Daun Kelor mengandung banyak nutrisi serta memiliki sifat fungsional, baik kandungan nutrisi maupun berbagai zat aktif yang terkandung di dalamnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan mahluk hidup dan lingkungan. Oleh karena itu kelor mendapat julukan sebagai “miracle tree” atau tanaman ajaib.


Kelor (Moringa Oleifera) memiliki banyak kandungan gizi. Bukan hanya gizi untuk manusia, melainkan untuk hewan dan tanaman. Salah satu yang terpenting untuk tanaman adalah terdapatnya “Zeatin” (unsur dari Sitokimin) yang terdapat pada Daun Kelor sehingga mampu merangsang pertumbuhan tanaman, terutama yang baru mulai dari perkecambahan biji, pertumbuhan hingga pemasok nutrisi tanaman pada pembuahan.


Daun kelor (Moringa oleifera) mengandung senyawa kimia seperti kalsium, magnesium, fosfor, zat besi dan sulfur sehingga daun kelor dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk organik cair. Selain mengandung beberapa senyawa untuk pertumbuhan tanaman, daun kelor mudah tumbuh di segala tempat, juga mudah didapat dan harganya pun terjangkau.


Baca Juga: Cara Mengatasi Kerontokan Bunga dan Buah Tanaman Cabai


Cara Pembuatan POC Daun Kelor

Cara pembuatan pupuk cair dari daun kelor mudah banget. Punya kandungan protein yang dominan pada daunya, maka perlu bahan pendamping untuk melengkapi unsur karbohidrat dan sumber energi. Bahan yang bisa dijadikan sumber karbohidrat adalah air beras, dedak / bekatul, serta tepung beras. Sementara untuk sumber energinya dapat diperoleh dari air kelapa, gula jawa, gula pasir, atau tebu. kalain dapat memilih salah satu dari bahan tersebut. Berikut tata cara pembuatan POC daun kelor.


Bahan dan Alat:


1.1/2 kg daun kelor segar

2.5 L air beras

3.1/4 kg gula pasir

4.1 ons gula jawa (larutkan terlebih dahulu)

5.Wadah penampungan


Cara Membuat:


1.haluskan daun kelor menggunakan blender

2.Tuangkan 5 L air beras ke dalam wadah wadah penampungan

3.Masukkan daun kelor halus  pada wadah yang telah terisi air beras

4.Masukkan 1/4 kg gula pasir, aduk hingga tercampur rata

5.Selanjutnya masukkan gula jawa, aduk-aduk kembali hingga larut secara merata

6.Tutup wadah dengan penutupnya, atau dengan kertas koran

6.Aduk-aduk kembali bahan-bahan tersebut, bisa pada waktu pagi, atau sore di setiap harinya.

7.Pupuk cair sudah dapat digunakan jika telah melewati 10 – 14 hari


Potensi Daun Kelor Sebagai Pupuk Organik

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa pemberian ekstrak daun kelor pada tanaman menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman, antara lain:


- Meningkatkan pertumbuhan akar sehingga akar tumbuh lebih dalam ke tanah

- Mempercepat proses perkecambahan biji

- Meningkatkan kualitas hasil panen serta memperlambat proses penuaan/ pematangan buah

- Mendukung tanaman untuk beradaptasi terhadap perubahan lingkungan

- Membuat tanaman lebih kebal terhadap serangan hama serta penyakit


Manfaat Pupuk Organik Cair

Pupuk adalah suatu material yang mengandung unsur hara dan berfungsi dalam proses pertumbuhan tanaman. Dengan pemberian pupuk yang cukup pada tanaman maka tanaman tersebut akan tumbuh dan berkembang secara optimal dan tercukupi ketersediaan nutrisi yang dibutuhkan.


Pupuk mengandung zat – zat yang dibutuhkan tanaman untuk memberikan nutrisi tanaman. Penggunaan pupuk organik merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi pemakaian pupuk anorganik. Adanya bahan organik yang mampu memperbaiki sifat fisika, kimia, dan biologi tanah. Perbaikan terhadap sifat fisik yaitu menggemburkan tanah.


#pupukorganik

#pupukdaunkelor

#rynfarm

Tidak ada komentar:

Postingan Unggulan

Cara Semai Seledri yang Benar agar Cepat Tumbuh

Cara Semai Seledri yang Benar agar Cepat Tumbuh Gambar : Ryn Farm  | Urban Gardening Seledri termasuk jenis tanaman yang biasa tumbuh di dat...

Postingan Populer