Minggu, 31 Maret 2024

Tips Atasi Hama Semut Pada Tanaman Cabe

Tips Atasi Hama Semut Pada Tanaman Cabe


Sumber : Youtube Ryn Farm|Urban Gardening


Semut merupakan salah satu jenis serangga yang sering dijumpai dan paling dekat serta tidak jarang hidup berdampingan bersama manusia. 


Tanaman cabai dapat dikerumuni oleh semut, terutama pada bagian pucuk. Hal ini dapat terjadi karena tanaman tersebut terserang kutu daun atau kutu kebul yang mengeluarkan embun madu.


Banyaknya semut tak jarang dapat berperan sebagai hama pada tanaman salah satunya cabe yang sedang dibudidayakan, cara membasmi hama semut pada tanaman cabe tidak begitu sukar, berikut ini merupakan langkah langkahnya :


1. Menggunakan Buah Mentimun


Cara membasmi hama semut pada tanaman cabe dengan menggunakan buah mentimun terdengar cukup aneh dan banyak diantara orang kurang mengerti kegunaan mentimun untuk mengusir hama satu ini. Namun kenyatannya, mentimun merupakan salah satu jenis buah yang tidak disukai oleh semut. Caranya mudah, yaitu dengan meletakkan potongan buah mentimun didekat tanaman yang menjadi jalur umum semut.


Baca Juga : Manjur Buat Tanaman Cabai Lebat Berbuah Cuma Pakai Kulit Nanas,Daun Kelor dan Bahan Dapur Ini.


2. Menggunakan Boraks


Boraks merupakan bahan dengan campuran garam mineral berkonsentrasi tinggi, di dunia industri bahan satu ini difungsikan sebagai bahan pembersih, solder, pengawet kayu, antiseptik kayu, serta pengontrol kecoa. Dalam dunia pertanian boraks tidak jarang dimanfaatkan sebagai pupuk penghasil sumber unsur boron.


Bukan hanya itu saja, bahan satu ini juga dapat digunakan sebagai pembasmi semut, yaitu dengan cara mencampurkan boraks dengan gula pasir kemudian ditaburkan kepada tanaman cabe yang diserang. Alternatif lain yaitu dengan cara melarutkan campuran boraks dan gula menggunakan air, lalu disemprotkan pada tanaman yang sedang di krumuni oleh semut.


3. Menggunakan Sabun


Cara membasmi hama semut pada tanaman cabe berikutnya yaitu dengan menggunakan sabun, sabun merupakan surfaktan yang sering dimanfaatkan sebagai pembersih dan pencuci badan maupun benda lainnya. Selain berguna sebagai materi pembersih kotoran, sabun juga dapat berguna untuk membasmi semut.


Cara kerja sabun untuk membasmi semut yaitu dengan memecah lapisan lilin rangka luar tubuh semut yang bisa menjadikan terjadinya dehidrasi serangga satu ini yang lantas membuat semut menjadi mati tak berdaya. Penggunaanya cukup sederhana, yaitu dengan cara menyemprotkan larutan sabun ditanaman yang sedang diserang semut atau dengan cara mongeleskan sabun pada tanaman maupun jalan yang biasanya dilalui semut.


Baca Juga : Cara Mengatasi Kerontokan Bunga dan Buah Tanaman Cabai


4. Menggunakan Cuka


Cuka atau asam aseta, asam etanoat alias asam cuka merupakan senyawa kimia asam organik yang digunakan sebagai penambah rasa asam dan aroma pada makanan. Ciri cuka ini berasa sangat asam serta miliki bau menyengat, rasa dan bau itu lah menjadikan serangga seperti semut tidak mengemari cuka.


Maka itu, cuka menjadi salah satu senjata untuk membasmi hama semut pada cabe. Untuk penggunaanya cukup gampang yaitu dengan hanya menyemprotkan cuka pada tanaman yang dikrumuni semur, langkah ini tergolong ampuh guna menjauhkan semut dari tanaman budidaya Anda.


5. Menggunakan Jus Lemon


Cara mudah selanjutnya yaitu memanfaatkan jus lemon, jus satu ini menjadi salah satu primadona bagi sebagian orang karena memiliki rasa yang segar dan cocok diminum ketika cuaca sedang terik. Jika tidak sedikit diantara kita mengemari jus ini beda halnya dengan semut, semut justru tidak suka dengan jus lemon. menilik dari hal tersbut bisa dijadikan sebagai salah satu langkah untuk membasmi hawa semut yang menganggu pada tanaman Cabe Anda.


6. Menggunakan Bubuk Kopi


Cara membasmi hama semut pada tanaman cabe yang tak kalah mudah lainnya, yaitu menggunakan bubuk kopi. Belum diketahui penyebab pasti semut membenci bahan satu ini, namun sering kali semut akan menjauh dari tempat yang ada bubuk kopinya. Gunakan bahan ini dengan cara menaburkan pada area yang diserang semut.


7. Menggunakan Bubuk Lada


Lada merupakan bahan dapur yang bermanfaat untuk melengkapi beberapa jenis masakan, selain hal tersebut bubuk lada ternyata berguna sebagai pengusir semut yang cukup mujarap. Caranya mudah, yaitu taburkan saja bubuk lada pada bagian tanaman yang diserang atau semprotkan larutan bubuk lada pada kerumunan semut.


8. Menggunakan Garam Dapur


Menggunakan garam dapur sebagai pengusir semut pada tanaman cabe sangat mudah, caranya cukup menaburkan garam pada bagain tanaman yang terjangkit hama semut atau dengan membuat larutan garam lalu semprotkan. Bahan ini sangat mudah ditemukan, sebab menjadi bahan yang tidak dapat dipisahkan untuk kebutuhan sehari-hari.


9. Menggunakan Tanah Diatom


Cara membasmi hama semut pada tanaman cabe menggunakan tanah diatom perlu merogoh kantung sedikit dalam karena haraganya cukup mahal serta harus membelinya di pet shop atau toko hewan. Umumnya tanah diatom difungsikan sebagai pembasmi kutu pada hewan peliharaan, bahan bernama lain diatomaceous earth atau dikenal sebagai diatomite ini merupakan jenis batu sedimen siliki (kiesegur).


Sedimentasi ini terbentuk dari cangkang diatom (alga satu sel yang ditemukan pada plankton) yang sudah memfosil. Bahan ini memiliki partikel sangat kuat, partikelnya sangat tajam tersebutlah yang dimanfaatkan untuk membasmi semut pada tanaman cabe Anda, caranya cukup menaburkan tanah diatom pada tanaman yang diserang semut.


Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Semut pada tanaman cabai, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.


Ingat berkebun ingat Ryn Farm 👍😁

Tidak ada komentar:

Postingan Unggulan

Cara Semai Seledri yang Benar agar Cepat Tumbuh

Cara Semai Seledri yang Benar agar Cepat Tumbuh Gambar : Ryn Farm  | Urban Gardening Seledri termasuk jenis tanaman yang biasa tumbuh di dat...

Postingan Populer