Senin, 01 April 2024

7 TANAMAN PENGUSIR HAMA ALAMI UNTUK KEBUN ANDA

7 TANAMAN PENGUSIR HAMA ALAMI UNTUK KEBUN ANDA


Sumber : Ryn Farm | Urban Gardening

Hama tanaman dapat menjadi mimpi buruk bagi para pecinta kebun. Penggunaan insektisida buatan memang efektif, namun dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan. Sebagai alternatif, mari kita manfaatkan tanaman pengusir hama alami yang aman dan ramah lingkungan. Berikut 7 tanaman yang bisa Anda tanam di kebun untuk mengendalikan hama:


1. Tuba (Derris elliptica)


Tuba mengandung rotenon, racun alami yang efektif untuk membasmi hama kutu daun, ulat, dan wereng. Daun tuba ditumbuk halus dan dicampur air, kemudian disemprotkan pada tanaman.

Baca Juga : TANAMAN SUMBER NITROGEN SEBAGAI ALTERNATIF PENGGANTI UREA

2. Mimba (Azadirachta indica)


Mimba memiliki azadirachtin, senyawa yang mengganggu pertumbuhan dan reproduksi serangga. Daun mimba dikeringkan dan ditumbuk halus, kemudian dicampur air dan disemprotkan pada tanaman.


3. Tembakau (Nicotiana tabacum)


Tembakau mengandung nikotin, racun saraf yang mematikan bagi serangga. Daun tembakau direndam dalam air dan disemprotkan pada tanaman.


4. Babadotan (Ageratum conyzoides L.)


Babadotan mengandung senyawa flavonoid dan alkaloid yang bersifat antifeedant, mengganggu nafsu makan serangga. Daun babadotan ditumbuk halus dan dicampur air, kemudian disemprotkan pada tanaman.

Baca Juga : Cara Melakukan Jarak Pemupukan Tanaman Cabai yang Baik

5. Sirsak (Annona muricata)


Sirsak mengandung senyawa acetogenin yang bersifat racun bagi serangga. Biji sirsak ditumbuk halus dan dicampur air, kemudian disemprotkan pada tanaman.


6. Sereh Wangi (Cymbopogon nardus)


Sereh wangi memiliki aroma yang dibenci serangga. Tanaman sereh wangi ditanam di sekitar kebun untuk mengusir hama.


7. Sirih (Piper betle)


Sirih mengandung minyak atsiri yang bersifat antibakteri dan insektisida. Daun sirih direbus dan airnya disemprotkan pada tanaman.


Tips:


Kombinasikan beberapa tanaman pengusir hama untuk hasil yang lebih efektif.

Tanam tanaman pengusir hama di sela-sela tanaman utama.


Rawat tanaman pengusir hama dengan baik agar tumbuh subur dan optimal dalam mengendalikan hama.


Dengan memanfaatkan tanaman pengusir hama alami, Anda dapat menjaga kesehatan kebun dan tanaman tanpa membahayakan lingkungan dan kesehatan.


Demikian ulasan mengenai beberapa tanaman penguair hama alami, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.


Ingat berkebun ingat Ryn Farm 👍😁

Selamat berkebun!

Tidak ada komentar:

Postingan Unggulan

Cara Semai Seledri yang Benar agar Cepat Tumbuh

Cara Semai Seledri yang Benar agar Cepat Tumbuh Gambar : Ryn Farm  | Urban Gardening Seledri termasuk jenis tanaman yang biasa tumbuh di dat...

Postingan Populer