Rabu, 03 April 2024

Cara Buat Pupuk Pelebat Buah Tanaman Cabai

Cara Buat Pupuk Pelebat Buah Tanaman Cabai

Ryn Farm | Urban Gardening



Pupuk organik cair(POC) merupakan salah satu cara kita agar tak tergantung dengan pupuk kimia. Apalagi saat ini harga pupuk kimia cukup mahal dan sulit didapat. POC bisa dibuat dengan berbagai bahan yang ada di sekitar kita.Salah satunya POC dari telur.


 POC dari telur merupakan pupuk pupuk multiguna yang bisa digunakan pada fase vegetatif tanaman untuk pertumbuhan dan bisa juga digunakan pada fase generatif untuk pembuahan tanaman. Pada fase vegetatif, POC ini sangat bagus untuk percepatan pertumbuhan batang dan daun.Sedangkan untuk fase generatif,

Baca Juga : 7 TANAMAN PENGUSIR HAMA ALAMI UNTUK KEBUN ANDA

 POC ini sangat cepat dalam merangsang pembungaan dan pembuahan dan juga membantu percepatan dalam pembesaran buah.

Mau tahu bagaimana cara membuat POC dari telur, ikuti caranya:  


Bahan dan alat

•    2 butir telur


* 2 sendok makan micin

* 2 botol Yakult atau 200 ml EM 4

* 100 ml molase

* 1,5 liter air kelapa


Cara membuat

Kocok 2 butir telur, tambahkan 2 sendok makan micin lalu tambahkan 2 botol yakult atau 200 ml EM4 dan tambahkan pula 100 ml molase atau bisa juga menggunakan gula merah atau gula pasir.


Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur merata lalu masukkan ke dalam botol kapasitas 1,5 liter, kemudian kocok agar bahan-bahan lebih merata lagi. Tambahkan air kelapa ke dalamnya namun jangan sampai penuh, sisakan 1/5 ruang kosong karena saat fermentasi nantinya akan timbul gas, dan juga untuk memudahkan dalam melakukan pengadukan/pengocokan dan tutup rapat.

Baca Juga : Cara Melakukan Jarak Pemupukan Tanaman Cabai yang Baik

Selanjutnya kocok hingga semua bahan tercampur dan larut merata. Letakkan di tempat yang memperoleh sinar matahari 30-40% atau bisa juga diletakkan di tempat yang memperoleh sinar matahari pagi saja untuk proses fermentasi.


Setelah proses fermentasi selama 2 minggu POC dari telur sudah jadi dan siap digunakan yang ditandai sudah tidak keluarnya gas dari proses fermentasi tersebut.

Namun perlu diperhatikan bahwa selama proses fermentasi.


Bukalah tutup botol secara berkala 2 hari sekali untuk mengeluarkan gas dari dalam botol yang timbul akibat dari proses fermentasi. Pembukaan tutup tersebut cukup sebentar saja agar tidak ada bakteri yang masuk ke dalam botol.


Daya simpan POC ini bisa sangat lama dan bertahun-tahun bahkan selama 3-5 tahun asalkan disimpan dengan baik yaitu setelah penggunaan segera ditutup rapat agar tidak ada bakteri dari luar yang masuk.

Baca Juga : Cara Membuat POC Dari Bonggol Pisang Penyubur Tanah Dan Tanaman

Dosis dan cara aplikasi

Sebelum digunakan, POC dari telur perlu ditambah dengan air bersih untuk mengencerkannya.


Cara aplikasi POC telur ini dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dikocorkan atau disiramkan pada media tanam dan disemprotkan ke daun tanaman. Adapun dosis penggunaannya adalah 1:30 atau 1:35, artinya 1 bagian POC untuk dilarutkan dengan 30 bagian air. Misalnya untuk 100 ml POC dilarutkan dengan 3 liter air. Sedangkan dosis aplikasi secara kocor adalah 3 liter per tanaman per pot.


Demikian ulasan mengenai Cara Buat Pupuk Pelebat bunga dan buah cabai, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Ingat berkebun ingat Ryn Farm 😁



Tidak ada komentar:

Postingan Unggulan

Cara Semai Seledri yang Benar agar Cepat Tumbuh

Cara Semai Seledri yang Benar agar Cepat Tumbuh Gambar : Ryn Farm  | Urban Gardening Seledri termasuk jenis tanaman yang biasa tumbuh di dat...

Postingan Populer