Sabtu, 06 April 2024

Cara Budidaya Tanaman Seledri Organik

Cara Budidaya Tanaman Seledri Organik 

Ryn Farm | Urban Gardening


Proses budidaya tanaman seledri mempunyai beberapa jenis tahapan sebelum menjadi tanaman seledri yang unggul. Adapun proses pembudidayaan sebagai berikut:


1. Pembibitan


Terdapat dua cara menanam seledri yaitu perbanyakan generatif (dari biji) dan perbanyakan vegetatif (dari anakan). Perbanyakan generatif biasanya diterapkan untuk budidaya seledri skala luas, tetapi untuk budidaya skala rumah seperti dalam pot atau polybag, perbanyakan secara vegetatif lebih mudah dilakukan.

Baca Juga : Racikan Pupuk Booster Perangsang Bunga dan Buah Dengan Cepat

a. Generatif (Benih)


• Rendam benih terlebih dahulu dalam air hangat selama 1 jam.


• Siapkan tempat persemaian berupa bedengan atau baki semai.


• Media semai terdiri dari campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1 secara berurutan.


• Berikan naungan dengan plastik transparan pada tempat semai, agar tanaman terlindung dari air hujan langsung dan terik matahari.

Baca Juga : Manfaat jerami padi dan cara pakai untuk kesuburan tanaman.

• Sebarkan benih ke dalam lubang semai dan tutup tipis dengan tanah,  lalu siram agar media tanam tetap lembab.


• Bibit siap dipindahkan ke pot atau polybag setelah 1 bulan atau setelah tumbuh 3-4 helai daun.


b. Vegetatif (Anakan)


Perbanyakan vegetatif dapat dilakukan apabila kita telah memiliki tanaman seledri sebelumnya. Cara perbanyakannya, cukup ambil anakan yang terdapat dalam rumpun tanaman seledri yang telah ada, lalu pindahkan ke pot atau polybag baru. Selanjutnya tanaman bisa diperbanyak dari rumpun seledri yang tumbuh.


2. Penanaman


Siapkan pot atau polybag ukuran sedang untuk menjadi media bibit sleledri. Isi dengan media tanam yang terdiri dari campuran tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1.


Arang sekam yang digunakan memiliki tujuan agar media tanam memiliki porositas yang baik dan bobot media menjadi ringan sehingga pot atau polybag lebih mudah untuk dipindahkan. Namun apabila tidak ada arang sekam.Pastikan media tanam yang kalian pakai terbesas dari hama maupun penyakit.


Lubangi media tanam sedalam dua sampai tiga cm pada tengah media tanam untuk menjadi tempat bibit atau anakan seledri. Tanam satu anakan seledri di dalam polybag dan tutup kembali dengan media tanam hingga menutup bagian akarnya, lalu siram dengan air secukupnya untuk menjaga kelembapan.


3. Perawatan Tanaman


a. Penyiraman


Penyiraman pada fase awal  pertumbuhan, dapat dilakukan satu sampai dua kali sehari, Namun penyiraman berikutnya dikurangi menjadi satu hari sekali atau tiga kali seminggu tergantung dari cuaca. Penitng untuk menjaga media tanam tidak boleh kekeringan atau terlalu basah.

Baca Juga : Mudahnya Basmi Cacing, Ulat, Siput Hingga Bakteri Perusak Tanaman di Pot, Cukup 1 Menit

b. Pemupukan


Untuk budidaya seledri organik pemberian pupuk organik cair sangat efektif sebagai pupuk susulan. Cukup berikan pupuk organic cair tiap satu minggu sekali, tanaman seledri kalian bakal tumbuh subur.  Selain pupuk cair bisa juga digunakan pupuk kompos, pupuk kandang atau pupuk hayati. Jika menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang,, taburkan saja 1-2 genggam kompos sebulan sekali.


c. Pengendalian HPT


Terdapat beberapa hama yang sering dijumpai dalam budidaya seledri. Beberapa diantaranya adalah ulat tanah, keong, kutu dan tunggau. Hama-hama tersebut bisa diberantas dengan dipungut langsung dengan tangan. Apalagi untuk penanaman dalam polybag. Sedangkan jenis-jenis penyakit budidaya seledri adalah cercospora, bercak septoria dan virus aster yellow. Untuk menghindari serangan penyakit-penyakit itu, lakukan pencegahan sejak dini. Pencegahan dilakukan sejak pemilihan benih, menjaga sanitasi kebun dan pemupukan yang baik.


4. Panen


Tanaman seledri dapat dipanen sekitar enam sampai delapan minggu setelah proses tanam. Pertumbuhan seledri dikatakan telah maksimum setelah daunnya rimbun dan anakannya banyak. Seledri dipanen dengan cara memotong pangkal batang secara periodik. Frekuensi pemanenan bisa dilakukan 1-2 minggu sekali sampai umur lima bulan dan bisa juga dipotong pangkal batang tepat di atas akar.


Demikian ulasan mengenai cara tanam Sayur seledri di polybag. semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Ingat berkebun ingat Ryn Farm 😁

Selamat berkebun .


Tidak ada komentar:

Postingan Unggulan

Cara Semai Seledri yang Benar agar Cepat Tumbuh

Cara Semai Seledri yang Benar agar Cepat Tumbuh Gambar : Ryn Farm  | Urban Gardening Seledri termasuk jenis tanaman yang biasa tumbuh di dat...

Postingan Populer